Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hubungan Ilmu Akhlak Dengan Ilmu Tauhid dan Ilmu Lainnya

Hubungan Ilmu Akhlak Dengan Ilmu Tauhid dan Ilmu Lainnya
Antara Ilmu Akhlak dengan Ilmu Tauhid terdapat hubungan yang sangat erat karena Ilmu tauhid menjelaskan tentang kaifiat seorang hamba untuk mengenal Allah dan mengEsakannya serta patuh dan tunduk pada  perintah Allah. Sedang Ilmu Akhlak menjelaskanetika atau adap kita dalam hubungannya dengan Allah baikmenyangkut tentang adap dalam beribadah kepada Allah, berdo'a, berzikir, adab dalam mensyukuri nikmat Allah, adab dalam mengahadapi takdir yang Allah berikan dan lainnya yang ada Hubungannya dengan Allah dan makhluknya. 
Ilmu akhak juga sangat berkaitan erat dengan ilmu hukum Islam atau lebih kita kenal dengan ilmu fikih karena tujuan Akhir dari ilmu fikih itu sendiri adalah mewujudkan akhlak mulia dalamkehidupan seorang hamba. Sebagai contoh belajar tata cara shalat agar kita bisa shalat yang benar. Dengan seseorang bisa shalat yang benar maka akan tercegah dirinya dari perbuatan keji dan mungkar. Itu artinya bahwa orangyang shalat pasti berakhlakmulia karena mereka sudah dapat meninggalkan perbuatan yang keji dan mungkar. Begitu juga dengan puasa dapat menjadikan seseorang bertaqwa kepada Allah. itu artinya bahwa mereka akan mengerjakan segala perintah Allah dan menjauhi larangannya. Haji juga mengajak orang untuk rela berkorban harta untuk agama dan tidak boleh berkata yang sia-sia serta kefasikan dalam berhaji. demikian juga dengan zakat dapat menjadikan orang yang kaya itu menjadi dermawan dan peka terhadap kehidupan sosial. intinya bahwa ilmu akhlak itu sangat berhubungan dan saling terkait dengan ilmu lainnya dalam Islam. 
Begitu juga ilmu Akhlak juga berhubungan dengan Ilmu Tasawuf yaitu sama-sama bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan cara membersihkan diri dari perbuatan yang tercela dan menghias diri dengan perbuatan yang terpuji. 
Begitu juga hubungan Ilmu Akhlak dengan Ilmu Jiwa/psikologi, Ilmu Sains Modern, Ilmu Sosiologi dan Ilmu Pendidikan
Untuk penjelasan lebih lanjut silakan download di sini..!!!