HADITS TATA CARA DAN ETIKA MINUM
761- عَنْ أَنَسِ رَضِيَ الله عَنْهُ أَنْ رَسُوْلَ اللهِ ، كَانَ يَتَنَفَّسُ فِي الشَّرَابِ ثَلاَثاً. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
761. Dari Anas RA, dia berkata: “Apabila Rasulullah SAW. minum, beliau bernafas tiga kali di luar bejana”. (HR. Bukhari dan Muslim)763- وَ عَنْ أَبِى قَتَادَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ, أَنْ النَّبِيَّ نَهَى أَنْ يُتَنَفَّسَ فِى اْلِإنَاءِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. يَعْنِى : يُتَنَفَّسُ فِى نَفْسِ اْلِإنَاءِ. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
763. Dari Abu Qatadah RA, dia berkata: “Nabi SAW. melarang untuk bernapas dalam bejana sewaktu minum”. (HR. Bukhari dan Muslim)764- وَ عَنْ أَنَسِ رَضِيَ الله عَنْهُ, أَنْ رَسٌوْلَ الله , أُتِيَ بلَبَنٍ قَدْ شِيْبَ بِمَاءٍ, وَ عَنْ يَمِيْنِهِ أَعْرَابِيٌّ, وَ عَنْ يَسَارِهِ أَبُوْ بَكْرٍ رَضِيَ الله عَنْهُ, فَشَرِبَ, ثُمَّ أَعْطَى اْلَأعْرَابِىَّ وَ قَالَ: " اَلْأَيْمَنَ فَاْلَأيْمَنَ". مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
765- وَ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ الله عَنْهُ, أَنْ رَسٌوْلَ الله, أُتِيَ بِشَرَابٍ, فَشَرِبَ مِنْهُ وَ عَنْ يَمِيْنِهِ غُلَامٌ, وَعَنْ يَسَارِهِ أَشْيَاخٌ, فَقَالَ لِلْغُلَامِ: "أَتَأْذَنُ لِى أَنْ أُعْطِيَ هَؤُلَاءِ؟" فَقَالَ الْغُلاَمُ: لاَ وَ اللهِ, لِا أُوْثِرُ بِنَصِيْبِى مِنْكَ أَحَدًا, فَتَلَّهُ رَسُوْلُ الله ِفِى يَدِهِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
765. Dari Sahal bin Sa’ad RA, dia berkata: “Rasulullah SAW. diberi minuman, maka beliau meminumnya. Waktu itu di sebelah kanan beliau ada seorang pemuda (Ibnu Abbas), dan di sebelah kirinya ada orang-orang yang sudah lanjut usia. Kemudian beliau bersabda kepada pemuda itu (Ibnu Abbas): “Bolehkah aku memberikan minuman ini kepada orang-orang tua itu?” Pemuda itu menjawab: “Tidak, demi Allah saya tidak akan memberikan bagianku darimu kepada siapa pun.” Maka Rasulullah SAW. memberikan minumannya kepada Ibnu Abbas”.[1] (HR. Bukhari dan Muslim)112- MAKRUH[2] MINUM DARI MULUT QIRBAH (POCI)
766. Dari Abu Sa’id Ai-Khudriy RA, dia berkata: “Rasulullah SAW. melarang untuk memecah mulut poci (qirbah) dan sebagainya untuk minum dari padanya”. (HR. Bukhari dan Muslim)
767- وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : نَهَى رَسُوْلُ اللهِ أَنْ يُشْرَبَ مِنْ فِي السِّقَاءِ أَوِ الْقِرْبَةِ. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
767. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata: “Rasulullah melarang minum langsung dari mulut tempat air atau qirbah”. (HR. Bukhari dan Muslim)768- وَعَنْ أُمِّ ثَابِتٍ كَبْشَةَ بِنْتِ ثَابِتٍ أُخْتِ حَسَّأَنْ بن ثَابِتٍ رَضِيَ الله عَنْهُما قَالَت : دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ ، فَشَرِبَ مِنْ فيِ قِرْبَةٍ مُعَلَّقَةٍ قَائِمًا، فَقُمْتُ إِلَى فِيْهَا فَقَطَعْتُهُ. رَوَاهُ التِّرْمِذِي وقَالَ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ.
768. Dari Ummu Tsabit Kabsyah binti Tsabit, saudara Hasan bin Tsabit RA, dia berkata: “Rasullah SAW. masuk ke rumahku, kemudian beliau minum dengan berdiri pada mulut qirbah yang tergantung, maka aku berdiri dan mulut qirbah itu aku patahkan.”[3] (HR. Tirmidzi)[1] Lihat hadis sebelumnya, dengan nomor 574
[2] Yang dimaksud dengan makruh disini adalah makruh tanzih bukan makruh tahrim (yang mengandung unsure pengharaman
[3] Ummu Tsabit mematahkan mulut kirbah itu dengan maksud untuk menandainya sebagai tempat minum Rasulullah SAW yang dimaksudkan untuk mengambil berkah dari padanya.