Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HADITS KE-24 TENTANG SIFAT-SIFAT ALLAH

HADITS KE-24 TENTANG SIFAT-SIFAT ALLAH

HADITS KE-24 SIFAT-SIFAT ALLAH 

عَنْ أَبِي ذَرِّ الْغِفَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيْمَا يَرْوِيْهِ عَنْ رَبِّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَنَّهُ قَالَ: يَا عِبَادِي إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِي وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا، فَلَا تَظَالَمُوا، يَا عِبَادِي كُلُّكُمْ ضَالٌ إِلَّا مَنْ هَدَيْتُهُ فَاسْتَهْدُونِي أَهْدِكُمْ ، يَا عِبَادِي كُلُّكُمْ جَائِعٌ إِلاَّ مَنْ أَطْعَمْتُهُ فَاسْتَطْعِمُونِي أَطْعِمْكُمْ ، يَا عبادي كُلُّكُمْ عَارٍ إِلَّا مَنْ كَسَوْتُهُ فَاسْتَكْسُوْنِيْ أَكْسُكُمْ، يَا عِبَادِي إِنَّكُمْ تُخْطِئُوْنَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيْعًا، فَاسْتَغْفِرُونِي أَغْفِرْ لَكُمْ، يَا عِبَادِي إِنَّكُمْ لَنْ تَبْلُغُوا ضُرِّي فَتَضُرُّونِي، وَ لَنْ تَبْلُغُوا نَفْعِي فَتَنْفَعُونِي، يَا عِبَادِي لَوْ أَنْ أَوْلَكُمْ وَ آخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجَنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَتْقَى قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَا زَادَ ذلِكَ فِي مُلْكِيْ شَيْئًا، يَا عِبَادِي لَوْ أَنْ أَولُكُمْ وَ آخِرَكُمْ وَالسَكُمْ وَجَنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَفْجَر قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَانَقَصَ ذَلِكَ مِنْ مُلْكِيْ شَيْئًا، يَا عِبَادِي لَوْ أَنْ أُولَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَ حِنَّكُمْ قَامُوا فِي صَعِيدٍ وَاحِدٍ فَسَأَلُوْنِي فَأَعْطَيْتُ كُلِّ وَاحِدٍ مَسْأَلَتَهُ ، مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِمَّا عِنْدِي إِلا كَمَا يَنْقُصُ الْمِحْيَطُ إِذَا أُدْخِلَ الْبَحْرَ، يَا عِبَادِي إِنَّمَا هِيَ أَعْمَالُكُمْ أَحْصِيْهَا لَكُمْ، ثُمَّ أُوَفِّيْكُمْ إِيَّاهَا، فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا فَلْيَحْمَدِ اللَّهُ وَمَنْ وَجَدَ غَيْرَ ذَلِكَ فَلَا يَلُومَنَّ إِلَّا نَفْسَهُ
 رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Artinya:
Abu Dzar Al-Ghifari meriwayatkan hadits dari Rasulullah yang beliau riwayatkan dari Tuhannya bahwa Ia berfirman: "Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan kezhaliman atas diri-Ku dan telah Aku jadikan hal itu diharamkan atas kalian. Maka dari itu, janganlah kalian saling menzhalimi. Wahai hamba-Ku, masing- masing dari kalian adalah orang yang tersesat, kecuali siapa yang Aku beri petunjuk. Maka mintalah petunjuk kepada-Ku, niscaya Aku akan memberikan petunjuk kepadamu. Wahai para hamba-Ku, masing-masing dari kalian adalah orang yang telanjang, kecuali yang telah Aku beri pakaian. Maka mintalah pakaian kepada-Ku, niscaya Aku akan memberikannya. Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya masing-masing dari kalian selalu berbuat salah pada siang dan malam, sedangkan Aku mengampuni semua dosa. Maka mintakan ampun kepada-Ku, niscaya Aku akan memberi ampun kepadamu. Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya kalian tidak akan bisa menimpakan kemudaratan pada-Ku dan juga tidak akan bisa memberikan kemanfaatan. Wahai para hamba-Ku, sekiranya orang-orang terdahulu dan terkini dari kalian, dan juga sekiranya umat manusia dan bangsa jin itu seluruhnya menjadi seperti setakwa-takwanya hati salah seorang dari kalian, maka hal itu tidak akan menambah kerajaan-Ku sedikit pun. Wahai para hamba-Ku, sekiranya orang-orang terdahulu dan terkini dari kalian, dan juga sekiranya umat manusia maupun jin itu seluruhnya menjadi seperti sejahat-jahat hati salah seorang di antara kalian, maka hal itu sama sekali tidak akan mengurangi kerajaan-Ku sedikit pun. Wahai para hamba-Ku, sekiranya orang-orang terdahulu dan terkini dari kalian, dan juga sekiranya umat manusia maupun jin itu seluruhnya berdiri di satu bukit, lalu mereka meminta kepada-Ku dan masing-masing Aku kabulkan permintaannya, maka hal itu sama sekali tidak akan mengurangi milik-Ku sedikit pun, kecuali hanya seperti sebatang jarum bila dicelupkan ke dalam lautan. Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya semua itu adalah amal perbuatanmu. Aku catat semuanya untukmu, kemudian akan Aku balas. Maka barangsiapa yang mendapati baik, hendaklah ia memuji Allah. Dan barangsiapa mendapatkan selain itu, maka janganlah ia menyalahkan kecuali dirinya sendiri." HR. Muslim.

PENGANTAR

Hadits ini begitu agung dan menjadi poros Islam. Abu Idris Al-Khaulani, perawi yang meriwayatkan hadits dari Abu Dzar, jika menyampaikan hadits ini, maka ia duduk berlutut sebagai bentuk penghormatan dan takzim terhadap hadits ini.

PENJELASAN

Firman Allah dalam hadits qudsi:

إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِ
"Sesungguhnya Aku telah mengharamkan kezhaliman atas diri- Ku,"

Maksudnya adalah: Mahasuci Allah dari sifat zhalim. Kezhaliman itu merupakan sesuatu yang mustahil dilakukan oleh Allah. Kezhaliman adalah tindakan melampaui batas dan merampas hak pihak lain, yang keduanya itu mustahil dilakukan oleh Allah.

Firman Allah:

فَلَا تَظَالَمُوا
"Maka dari itu, janganlah kalian saling menzhalimi." 

Artinya, janganlah sebagian dari kalian bertindak zhalim terhadap sebagian yang lain.

Firman Allah:
إِنَّكُمْ تُحْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ
"Sesungguhnya masing-masing dari kalian selalu berbuat salah pada siang dan malam."

Dengan menfat-hahkan huruf ta' dan tha' (takhtha'uuna; kalian bersalah), berarti diambil dari kata khathi'a (dengan menfat-hahkan huruf kha' dan menkasrah huruf tha'), yang dalam bentuk mudhari 'nya adalah yakhtha'u. Juga bisa dibaca tukhthi'una (dengan mendhammahkan huruf ta'. Artinya: kalian berbuat kesalahan) yang berarti berasal dari kata akhtha'a. Kata khatha' (salah) ini bisa dipakai dalam perbuatan yang dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja. Hal ini tidak bisa diingkari. Al-Qur'an sendiri menyatakan: "Inna qatlahum kana khatha'an kabiran, "dengan menfathahkan huruf kha'dan tha'; dan juga bisa dibaca: "khith'an kabiran." (dengan menkasrah huruf kha' dan mensukun huruf tha').

Firman Allah:

لَوْ أَنْ أَوَّلَكُمْ وَ آخِرَكُمْ وَالسَكُمْ وَ جَنكُمْ... إلخ
"Sekiranya orang-orang terdahulu dan terkini dari kalian, dan juga sekiranya umat manusia dan bangsa jin itu seluruhnya... dst."

Dalil-dalil naqli maupun aqli menunjukkan bahwa Allah tidak membutuhkan segala sesuatu untuk diri-Nya, dan tidak butuh kepada makhluk-Nya. Allah as telah menjelaskan bahwa Ia memiliki kerajaan langit dan bumi serta segala yang ada di antara keduanya. Kemudian Allah menjelaskan bahwa la tidak butuh kepada itu semua. Allah berfirman: " (Dia [Al- lah menciptakan apa saja yang dikehendaki oleh-Nya)."

Dan la kuasa untuk melenyapkan wujud ini semua, lalu mencipta yang lainnya. Dzat yang kuasa untuk menciptakan segala sesuatu ini tentu tidak akan butuh kepada segala yang ada.

Selanjutnya Allah menjelaskan bahwa Ia tidak butuh Dan) kepada sekutu. Allah:

 وَ لَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيكَ فِي الْمُلْكِ

"Dan Ia tidak punya sekutu dalam kerajaan)." 

Allah juga menjelaskan bahwa la tidak butuh kepada penolong dan pembela. Allah berfirman:

وَ لَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيُّ مِنَ الذُّلِّ

"Dan la tidak punya wali untuk mengangkat dari kerendahan"

Sifat kemuliaan itu senantiasa melekat selama-lamanya pada diri Allah sedangkan sifat kerendahan ( kehinaan) itu ternafikan dari-Nya. Dzat yang demikian itu tentu tidak butuh kepada ketaatan orang yang taat. Sekiranya makhluk seluruhnya itu melakukan ketaatan sebagaimana ketaataannya salah seorang yang paling taat di antara mereka, serta bergegas untuk mematuhi perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan- Nya, dan tidak mau menyelisihi-Nya sama sekali; maka hal itu sama sekali tidaklah menambah kehebatan kerajaan-Nya. Ketaatan mereka itu hanya bisa terjadi dengan taufik (petunjuk ) dan pertolongan-Nya. 

Ketaatan mereka itu sebenarnya merupakan nikmat yang dianugerahkan oleh Allah kepada mereka. Dan sekiranya seluruh makhluk itu bermaksiat (durhaka) kepada Allah seperti kedurhakaan yang dilakukan oleh makhluk yang paling pendosa, yaitu Iblis, serta menyelisihi perintah dan larangan- Nya; maka hal itu sama sekali tidak mendatangkan kerugian bagi Allah dan juga sama sekali tidak bisa menguragi sedikit pun dari kesempurnaan kerajaan-Nya. Kalau saja Allah menghendaki, tentu la kuasa untuk membinasakan mereka dan menciptakan makhluk selain mereka. Mahasuci Allah yang tidak diuntungkan oleh ketaatan dan juga tidak dirugikan oleh kemaksiatan.

Firman Allah:

فَأَعْطَيْتُ كُلَّ وَاحِدٍ مَسْأَلَتَهُ، مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِمَّا عِنْدِي إِلَّا كَمَا يَنْقُصُ الْمِخْيَطُ إِذَا أُدْخِلَ الْبَحْرَ

"Lalu masing-masing Aku kabulkan permintaannya, maka hal itu sama sekali tidak akan mengurangi milik-Ku sedikit pun, kecuali hanya seperti sebatang jarum bila dicelupkan ke dalam lautan.

Sudah maklum bahwa jika sebatang jarum itu jika dimasukkan ke dalam lautan, maka hal itu terlihat tidak bisa mengurangi air laut sedikit pun, serta tidak punya pengaruh apa pun.

Firman Allah:

فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا فَلْيَحْمَدِ اللهُ

"Barangsiapa mendapati baik, maka hendaklah ia memuji Allah." Artinya, semua itu atas taufik dari Allah untuk bisa melakukan ketaatan kepada-Nya.

Firman Allah:

وَمَنْ وَجَدَ غَيْرَ ذَلِكَ فَلَا يَلُومَنَّ إِلَّا نَفْسَهُ

"Dan barangsiapa mendapatkan selain itu, maka janganlah ia menyalahkan kecuali dirinya sendiri."

Karena ia selalu memenuhi keinginannya dan mengikuti hawa nafsunya.

MUATAN HADITS

  1. Allah tidak akan berbuat zhalim terhadap para hamba-Nya. 
  2. Mohon petunjuk kepada Allah.
  3. Mohon rezki kepada Allah. 
  4. Memohon ampun (itighfar) usai melakukan dosa.
  5. Makhluk tidak akan bisa memberikan mudarat (kerugian) dan manfaat (keuntungan) kepada Allah.
  6. Ketaatan itu tidak akan bisa menambah sedikit pun terhadap kerajaan Allah.
  7. Pemberian Allah kepada para hamba-Nya itu sedikit tidak mengurangi segala yang dimiliki oleh-Nya. pun
  8. Segala amal perbuatan anak Adam itu dicatat dan dibukukan.
  9. Barangsiapa melakukan kebaikan, maka hendaklah ia bersyukur kepada Allah atas taufik yang dianugerahkan oleh-Nya kepadanya.
  10. Dan barangsiapa yang melakukan kejahatan, maka tinggal menunggu apa yang akan dilakukan oleh Allah disebabkan oleh perbuatannya itu.
FIKIH HADITS
  1. Setiap muslim hendaklah berakhlak dengan akhlak Allah.
  2. Setiap individu hendaklah berjalan di jalan petunjuk. 
  3. Setiap muslim hendaknya meminta hal-hal duniawi kepada Allah.
  4. Setiap mukmin hendaknya memohon tirai lahir maupun batin kepada Allah.
  5. Orang mukmin itu juga berdosa, dan tiada kemaksuman ( ke-terjagaan dari dosa) kecuali hanya bagi para nabi saja. 
  6. Seyogyanya setiap mukmin yang bertaubat itu meyakini bahwa Allah itu mengampuni dosa-dosanya. 
  7. Kemahasucian Allah dari segala pensifatan yang tidak layak bagi-Nya.
  8. Setiap mukmin wajib bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang dianugerahkan oleh Allah kepadanya. 
  9. Jika seorang hamba itu berbuat dosa, maka ia wajib memberikan sanksi dan mencela dirinya sendiri atas kealpaannya itu.